spot_img

Antisipasi Bencana, Kudus Luncurkan Aplikasi K119

KUDUS-IInovasi terus dilakukan oleh Pemkab Kudus Untuk mewujudkan Kudus Cyber City.
Saat ini Kabupaten Kudus telah diterapkan aplikasi gawat darurat berupa K 119 yang sistem kerjanya setara dengan 911 di luar negeri.

Aplikasi yang berbasis android tersebut dikembangkan oleh tim IT Kabupaten Kudus untuk memberikan layanan cepat kepada masyarakat baik itu layanan kecelakaan, kebakaran maupun bencana.

Bupati Kudus, Musthofa menyampaikan, berbagai program untuk mendukung Kudus Cyber City terus diwujudkan, salah satu program yang diluncurkan hari ini yakni K119 atau Kudus 119.

Aplikasi K119 tersebut terintegrasi dengan semua Rumah Sakit, Puskesmas, Damkar dan BPBD maupun Kepolisian. Sehingga ketika terjadi kecelakaan, bencana atau kebakaran dapat terlayani dengan baik dan cepat oleh Instansi terkait namun untuk tahap awal baru RSUD dan puskesmas.

”Dengan aplikasi K119 masyarakat dengan mudah mengakses untuk melaporkan kejadian yang perlu penanganan segera. Di antaranya, bencana kebakaran dan kecelakaan yang terintegrasi dengan fasilitas kesehatan, kepolisian, serta instansi lain yang terkait.” katanya, seperti dilansir  Elshinta Senin malam (16/1)

Sistem kerja K119 sama dengan sistem kerja 911 , yakni pelaporan cukup akurat dan terkoneksi di pelayanan publik seperti Ambulans, Rumah Sakit, Pemadam Kebakaran, Kepolisian maupun BPBD. Sedangkan proses pelaporan dapat dilakukan melalui 3 cara yakni via SMS, Telepon maupun Gambar sehingga operator dimasing-masing instansi terkait langsung dapat menanggani secara tepat.

Ditegaskan bupati, dalam memberikan pelayanan semua harus gratis jika masyarakat menemukan adanya pungutan dapat melaporkan.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr. Lukmono Hadi, dr Abdul Aziz Akhyar menyatakan RSUD dr Lukmono Hadi sebagai operator pihaknya  mengintegrasikan aplikasi K119 dengan Sistem Penanganan Kegawat Daruratan Terpadu (SPGDT) kesemua Rumah Sakit yang ada dikabupaten Kudus.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles