spot_img

Atasi Kekeringan, Gresik Bangun 1000 Sumur di 2018

GRESIK – Atasi kekeringan, Bupati Gresik, Jawa Timur, Sambari Halim Radianto berencana membangun seribu sumur di Gresik pada anggaran 2018.

“Rencananya saya membangun seribu sumur di 914 dusun yang ada di Gresik. Minimal ada satu sumur di setiap dusun,” kata Sambari di Gresik, Jumat (15/9/2017) seperti dilansir Antara.
Bangu
Sambari, usai rapat antisipasi kekeringan itu mengaku upaya pembangunan sumur dilakukan karena aktivitas pengerukan waduk yang selama ini dilakukan dinilai kurang efektif.

“Saya kira mengeruk waduk ini tidak terlalu efektif. Mengingat di saat kemarau panjang seperti ini, waduk dengan debet air tinggi sekalipun pasti mengalami kekeringan,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu membuat program mencari air bawah tanah untuk mengurangi bahaya kekeringan yang selalu mengancam masyarakat Gresik.

Seperti dikutip SurabayaNews, sebelumnya, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik sebanyak 32 desa di wilayah itu saat ini mengalami kekeringan kritis dan membutuhkan segera pengiriman air bersih, jumlah itu menurun dibanding lima tahun lalu yang mencapai 100 desa.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles