spot_img

Banjir Rendam Dua Desa di Gorontalo Utara

GORONTALO – Hujan deras sejak Sabtu (4/6/2016) kemarin mengakibatkan banjir dengan ketinggian antara 40 cm hingga 2 meter di dua dusun di Desa Molonggota,Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Dua dusun tersebut yaitu Dusun Hulawa dan Karya Baru. Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Utara, Nurdin Humolungo, banjir dikarenakan luapan sungai yang dipicu hujan deras.

Ia menambahkan tutupan parit di sekitar dua desa tersebut juga tersumbat, sehingga air tidak mengalir dengan lancar.

Ketinggian banjir kata Nurdin memuncak pada pukul 23.30 Wita (4/6), tujuh rumah di dusun Hulawa terendam air mencapai dua meter, satu rumah semi permanen rusak parah dan harta benda di enam rumah lainnya hanyut tak bersisa.

Sedangkan tiga puluh rumah di dusun Karya Baru terendam air bervariasi antara 40-50 cm namun jalan desa terendam air mencapai satu meter.

Pihak BPBD Gorontalo Utara melakukan pendataan korban dan berusaha membantu warga membersihkan pemukiman dan mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman, meski air surut sejak Minggu (5/6/2016)subuh.

Sedangkan bantuan sembako sudah didapat dari pihak anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, daerah pemilihan Gentuma-Atinggola.

Sementara itu Kepala Desa Molonggota, Yamin Imran memastikan tidak ada korban jiwa, namun kondisi warga khususnya pemilik rumah yang hancur sangat memprihatinkan karena tak satupun harta benda yang terselamatkan.

Ia mengaku, sudah melaporkan kondisi tersebut ke pemerintah daerah dan berharap penanganan lebih terfokus segera dilakukan. Demikian dilaporkan Antara.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles