DMC Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Siap Siaga Bencana untuk DDV dan Anggota MPZ-ZL

KARANGANYAR – Dompet Dhuafa melalui departemen Aliansi Strategis Mitra Pengelola Zakat dan Zona Layanan (MPZ-ZL) menggelar pelatihan tanggap bencana di Telaga Madirda, Karanganyar, Jawa Tengah Sabtu (24/09/2022).

Pelatihan yang dilakukan secara bergilir yang dimulai dari Senin (19/09/2022) hingga Rabu (21/09/2022) ini diikuti anggota MPZ-ZL dan anggota Dompet Dhuafa Volunteer yang berasal dari tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

Pada sesi awal DMC Dompet Dhuafa memberikan paparan tentang kiat-kiat asesmen cepat setelah terjadinya bencana, manajemen logistik bagi penyintas terdampak dan mekanisme penanganan kelompok rentan di wilayah dan kondisi tanggap darurat.

“Peran serta Lembaga Amil Zakat dan Lembaga Sosial dalam pencegahan dan penanggulangan bencana sangatlah penting. Dengan banyaknya potensi dan bencana yang telah terjadi, keterlibatan non government organization (NGO) telah terbukti memberikan daya dukung yang sangat besar bagi pemangku kepentingan,” jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

Pada sesi selanjutnya Kamis (22/09/2022) hingga Sabtu (24/09/2022) pelatihan dilakukan secara luring di Telaga Madirda.

Pada sesi ini DMC Dompet Dhuafa memberikan pelatihan tentang manajemen posko relawan di masa tanggap darurat, strategi membuka Dapur Umum, kesigapan dalam melakukan pertolongan pertama hingga penyelamatan permukaan air (water rescue).

“Kami ingin menghadirkan kebermanfaatan dengan mengundang MPZ-ZL Dompet Dhuafa yang terdiri dari BMT, lembaga sosial, yayasan pendidikan, masjid dan beberapa entitas yang termasuk ke dalam Dompet Dhuafa Volunteer,” terang Imam Alfaruq selaku Senior Officer Aliansi Strategis MPZ-ZL Dompet Dhuafa

MPZ-ZL dan relawan Dompet Dhuafa sebagai jaringan strategis Dompet Dhuafa memiliki peran yang sangat penting sebagai relawan dalam memperkuat kapasitas penanggulangan bencana dan mempercepat pertolongan pada korban.

“Harapannya lewat pelatihan dan kehadiran kami insan-insan Dompet Dhuafa bisa mengurangi risiko bencana dan insyallah 47 peserta. Kami ingin siapkan mereka untuk memberikan sumbangsih terbaik ketika hadapi bencana,” lanjut Imam, dilansir dmcdompetdhuafa.

Letak geografis MPZ-ZL dan relawan Dompet Dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia akan menjadi garda terdepan dalam membantu korban bencana di lokasi terdekat. Melalui peran serta MPZ-ZL dan relawan Dompet Dhuafa mampu memperkuat jaringan tenaga kesiapsiagaan yang selalu terkoneksi. Dengan ribuan relawan terampil yang selalu siap siaga akan menjadi kekuatan baru dalam dunia penanggulangan bencana di Indonesia.

Dengan mengambil tema “Bersatu untuk Selamat”, DMC Dompet Dhuafa berharap jaringan kebaikan MPZ-ZL dan relawan Dompet Dhuafa akan menjadi potensi/unsur pencegahan dan penanggulangan bencana yang diperhitungkan ditingkat lokal maupun regional.

Dengan menyatukan kekuatan dan menghubungkan jaringan komunikasi MPZ-ZL dan relawan Dompet Dhuafa dari sabang sampai merauke, DMC Dompet Dhuafa meyakini bahwa penanganan terhadap bencana akan semakin efektif, cepat dan tepat.