spot_img

Hati-Hati, iPhone 12 dan Aksesorisnya dapat Mengganggu Alat Pacu Jantung dan Alat Bantu Medis Lainnya

JAKARTA – Meskipun Apple telah lama mengetahui bahwa jajaran iPhone 12 dan aksesori MagSafe dapat mengganggu perangkat medis, seperti alat pacu jantung dan defibrilator, baru sekarang Apple merilis panduan tambahan untuk orang-orang yang menggunakan perangkat medis pada hari Sabtu (23/1/2021).

Dalam artikel dukungan, yang dilihat MacRumors, Apple menjelaskan bahwa iPhone 12 mengandung magnet serta komponen dan radio yang memancarkan medan elektromagnetik. Perusahaan juga menyatakan bahwa semua aksesori MagSafe juga mengandung magnet, dan bahwa MagSafe Charger dan MagSafe Duo Charger-nya berisi radio. “Magnet dan medan elektromagnetik ini dapat mengganggu perangkat medis, kata Apple.

“Perangkat medis seperti alat pacu jantung implan dan defibrilator mungkin berisi sensor yang merespons magnet dan radio saat berada dalam kontak dekat,” tulis Apple. “Untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan perangkat ini, jaga jarak aman iPhone dan MagSafe dari perangkat Anda (lebih dari 6 inci / 15 cm atau lebih dari 12 inci / 30 cm jika mengisi daya secara nirkabel). Namun konsultasikan dengan dokter dan produsen perangkat Anda untuk pedoman khusus. ”

Defibrillator adalah perangkat yang memulihkan detak jantung normal seseorang dengan mengirimkan denyut listrik atau kejutan listrik ke jantung. Mereka bahkan dapat membantu jantung mulai berdetak lagi jika tiba-tiba berhenti. Sementara itu, alat pacu jantung menggunakan denyut listrik untuk membantu jantung berdetak pada kecepatan dan ritme yang normal serta membantu bilik jantung berdetak secara sinkron sehingga jantung dapat memompa darah dengan lebih efisien.

Apple menyatakan bahwa pengguna harus berkonsultasi dengan dokter dan produsen perangkat medis mereka untuk informasi tentang perangkat tertentu mereka. Pengguna harus bertanya apakah mereka perlu menjaga jarak aman antara perangkat medis dan aksesori iPhone atau MagSafe mereka. Apple mengulangi saran ini di bagian informasi keselamatan di Panduan Pengguna iPhone.

Menurut Gizmodo (25/1/2021), kamanan beberapa produk terbaru Apple telah menjadi perhatian dalam beberapa minggu terakhir setelah publikasi studi yang ditulis oleh para peneliti dari Henry Ford Heart and Vascular Institute yang menemukan bukti bahwa iPhone 12 dapat mengganggu defibrilator cardioverter implan, yang juga diketahui sebagai ICD.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles