spot_img

Kembali Suburkan Dakwah di Sumbar dengan SDI

PADANG–Dakwah merupakan kegiatan  menyampaikan dan mengajarkan agama Islam kepada seluruh manusia dan mempraktikkannya dalam kehidupan nyata (M. Abul Fath al-Bayanuni).

Dakwah dalam Islam menduduki posisi utama, sentral dan strategis. Telah ada rambu-rambu metode yang digariskan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Tidak cukup berbekal semangat dan tekat untuk melakukan dakwah, namun harus disertai dengan pemahaman yang benar tentang bagaimana dakwah harus dilakukan. Kegagalan dan keberhasilan Islam menghadapi perubahan dan perkembangan zaman sangat ditentukan oleh kegiatan dakwah yang dilakukan oleh umatnya.

Dompet Dhuafa Singgalang sebagai lembaga  filantropi berbasis zakat  memiliki amanah untuk memperhatikan dakwah dalam penyaluran dananya.  Mengembalikan fitrah dai, penyiapan dai  sebagai  motor penggerak  masyarakat, dai yang netral dan tawazun sehingga dai kembali menjadi panutan di masyarakat nantinya.

Di Dompet dhuafa Singgalang, sebenarnya Program Dakwah bukanlah hal baru. Karena sebelumnya pernah terselenggara pelatihan Dai dan Program Dai Bina Sahabat Pedalaman di pedalaman Sumatera Barat,  Dusun Tubeket, Kep. Mentawai.

Di dusun tubeket, Program Dai mendapat respon amat luar biasa bagi masyarakat setempat. Bahkan, ketika program memasuki babak closing program pada akhir 2016 lalu, masyarakat menuliskan semacam petisi dan surat gugatan agar program dilanjutkan di mentawai.

Menanggulangi hal ini,  Dompet singgalang bermaksud mengadakan Sekolah Dakwah Indonesia (SDI) untuk mengatasi kebutuhan Dai di sumatera barat.

Diharapkan, dai yang dilatih dalam rentang waktu terbatas nantinya dapat menjadi duta dakwah baik dalam skala lokal, nasional, dan internasional.

“Oleh karenanya, di 2017, kami membuka rekrutmen SDI di awal Februari lalu. Bentuk kegiatan nantinya berupa pelatihan dan pendalaman ilmu agama sebagai bekal dakwah bagi peserta. Alhamdulillah, Program ini  mendapat sambutan positif dari segenap lapisan masyarakat yang mendaftar, juga Corps Dai Dompet Dhuafa (CORDOFA) Jakarta nanti juga akan turut terlibat dalam pelaksanaannya,” tutur Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Defri Hanas, Kamis (2/3/2017).

Imbuh Defri, pelaksanaan pembukaan SDI sekaligus pelatihan pertamanya akan dilaksanakan Ahad (5/3). Mengundang pembicara dari CORDOFA Jakarta, dan segenap tokoh masyarakat yang ikut mendukung program ini.

“Pembukaan SDI ini dilaksanakan di Aula Pusat Bimbingan Belajar Nurul Fikri, Jl.  Gajah Mafa No.10 Kampung Lapai Baru, Padang yang dimulai pukul 07.00 WIB, dengan materi diantaranya Dinamika Gerakan Dakwah di Indonesia, Fiqh Dakwah, serta Peran Dai dalam perjalanan Dakwah di Indonesia,” pungkas Defri. (nisa)

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles