spot_img

KPAI Layani Kasus Anak Kecanduan Gadget

JAKARTA – Menanggapi kasus dua anak di Bondowoso  yang mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan gadget, kini Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membuka layanan pengaduan anak yang kecanduan gawai (gadget).

Komisioner Bidang Pornografi dan Cyber Crime KPAI, Margaret Aliyatul Maimunah karena dirinya meyakini banyak orang tua miliki anak yang kecanduan gawai. Selain itu, ada kemungkinan pula bahwa orang tua tidak menyadari perubahan yang dialami anaknya.

Menurutnya jika ada orangtua yang sudah melihat anaknya kecanduan gawai silakan melapor kepada KPAI.

KPAI juga turut prihatin terhadap kasus dua anak di bawah umur di daerah Bondowoso, Jawa Timur mengalami kecanduan akut dalam penggunaan gawai. Mereka bisa marah besar sampai membanting-banting benda atau menyakiti diri sendiri jika diminta melepaskan gawai dari tangannya.

KPAI mengapresiasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesnadi Bondowoso, Jawa Timur, yang sudah melakukan penanganan cepat terhadap dua anak yang sudah terlanjur kecanduan akut terhadap gawai.

“KPAI juga meminta pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi tentang literasi digital secara menyeluruh bagi masyarakat dan orang tua di seluruh pelosok Indonesia. Upaya tersebut perlu dilakukan sebagai salah satu tindakan pencegahan demi mencapai Indonesia yang ramah anak,” kata Margaret, Jumat (19/1/2018), dilansir NNC.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles