spot_img

Kunjungi Kamp Pengungsi di Bangladesh, ICC Mulai Selidiki Kejahatan terhadap Rohingya

MYANMAR – Mahkamah Pidana Internasional (ICC) mengumumkan telah meluncurkan penyelidikan terhadap dugaan kejahatan yang dilakukan oleh Myanmar terhadap komunitas Rohingya.

“Para penyelidik sudah berada di kamp, jadi penyelidikan telah dimulai,” kata kepala delegasi ICC Phakiso Mochochoko, kepada wartawan di Dhaka, Selasa.

Mochochoko mengatakan bahwa para penyelidik ICC telah berbicara dengan berbagai kelompok mengenai investigasi yang menyeluruh dan komprehensif.

“Dalam situasi ideal, kita harus pergi ke Myanmar untuk mengunjungi lokasi itu dan berbicara dengan para korban dan saksi mata yang di negara bagian Rakhine dan juga berbicara dengan pihak berwenang Myanmar,” ujar dia, dikutip Anadolu.

Mochochoko menyayangkan sikap Myanmar yang enggan bekerja sama dan tidak mengizinkan pihaknya masuk ke negara itu.

“Ini adalah tantangan besar bagi kami, tetapi bukan tantangan yang tidak mungkin tercapai,” imbuh dia.

Dia mencatat bahwa ICC berpengalaman menghadapi sejumlah negara yang menolak untuk bekerja sama dan tidak mengizinkan lembaga hukum internasional itu untuk mengunjungi negaranya.

“Tetapi, tim kami bisa menghasilkan bukti-bukti yang diperlukan bagi para hakim untuk sampai pada kesimpulan dalam proses peradilan dan kami dapat menjamin keadilan,” tutur Mochochoko.

 

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles