spot_img

Marak Penculikan Anak, KPAI Minta Orangtua Jangan Abai

JAKARTA – Maraknya pemberitaan kasus penculikan anak membuat Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arsrorun Niam Sholeh meminta orangtua dan masyarakat jangan abai.

“Kalau ada ya laporkan saja kepada aparat penegak hukum. Kami imbau masyarakat memberi perhatian dalam proses pengasuhan dan pengawasan anak, jangan abai,” ujar dia.

Namun ia juga minta masyarakat tak membesar-besarkan informasi tentang modus penculikan anak. Sebab, sebagian besar informasi itu tidak bisa dibuktikan kebenarnnya.

Asrorun mengimbau masyarakat tak menjadikan isu penculikan anak sebagai viral di media sosial. Karena isu tersebut dapat memicu ketakutan yang berlebihan pada masyarakat.

Sementara itu Kepolisian Daerah Metro Jaya pun memberi imbauan serupa dengan KPAI. Kepala Bidang hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo meminta masyarakat tak terpedaya pada informasi hoax, dan tak sembarangan menjustifikasi seseorang sebagai penculik.

“Lapor ke RT/RW atau polisi saja langsung jika melihat orang yang mencurigakan, jangan langsung memyimpulkan bahwa orang itu penculik. Tetap kedepankan azas praduga tak bersalah,” kata Argo, dikutip dari Tempo.

Ia meminta  jangan main hakim sendiri, karena menurutnya kalau ternyata tidak benar, yang mengeroyok satu kampung bisa kena pidana.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles