spot_img

Mudik Nyaman Puasa Terjaga, Ini Tipsnya

JAKARTA – Persiapan matang sangat dibutuhkan bagi mereka yang akan melakukan mudik, terutama jika perjalanan yang akan dilakukan jauh dan membawa banyak barang. Selain itu, mudik juga harus dilakukan dengan kondisi berpuasa yang harus tetap dijaga kualitasnya.

Untuk memastikan mudik berjalan aman dan nyaman serta kualitas puasa tetap terjaga, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Saat melakukan mudik, biasanya orang akan menghabiskan waktu cukup lama di kampung halaman. Hal ini memerlukan bawaan yang cukup banyak, belum lagi oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

Oleh karena itu, saat berkemas, diperlukan tenaga dan ketelitian ekstra sehingga bawaan bisa lebih rapi dan mudah dibawa saat perjalanan.

Orang-orang disarankan berkemas saat malam hari setelah berbuka karena pada saat itu mereka sudah punya tenaga lebih dan berkemas pun bisa dilakukan lebih maksimal.

Sahur dengan Menu Sehat dan Porsi Cukup

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk tidak melewatkan makan sahur terlebih dahulu. Hal ini karena perjalanan mudik membutuhkan energi yang cukup tinggi, dan sarana transportasi umum biasanya sangat ramai sehingga para pemudik harus berjuang untuk bersaing dengan pemudik lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan porsi yang cukup agar memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan perjalanan mudik dengan nyaman.

Konsumsi Multivitamin

Kadang-kadang, mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup saat melakukan perjalanan mudik. Sebagai cadangan energi, seseorang bisa menambahkan konsumsi multivitamin.

Untuk wanita, sebaiknya memilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sedangkan untuk pria, sebaiknya memilih multivitamin yang kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi agar kondisi fisik tetap terjaga dengan baik selama dalam perjalanan mudik.

Pilih Keberangkatan di Malam Hari

Jika perjalanan yang akan dilakukan cukup jauh, sebaiknya dilakukan pada malam hari. Dengan melakukan perjalanan pada malam hari, orang-orang dapat beristirahat secara optimal dan tidak terganggu oleh aktivitas lainnya.

Selain itu, perjalanan pada malam hari juga memungkinkan orang untuk bebas makan dan minum selama perjalanan sehingga tidak akan mengganggu pelaksanaan puasa.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ketika melakukan mudik, disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal atau panas. Pilihlah pakaian yang longgar sehingga tubuh dapat bergerak dengan bebas.

Pastikan juga untuk membawa jaket atau selimut untuk mengatasi hawa dingin yang mungkin ada di dalam transportasi mudik.

Isi Penuh Daya Baterai Ponsel

Sebelum melakukan mudik, pastikan mengisi daya baterai ponsel hingga penuh agar dapat digunakan untuk berkomunikasi selama perjalanan.

Untuk menghemat daya baterai, sebaiknya hanya menggunakan ponsel untuk hal-hal yang penting saja.

Bawa Camilan dan Makanan Cadangan

Jika perjalanan mudik diperkirakan akan bertepatan dengan waktu buka atau sahur, disarankan untuk membawa makanan cadangan dan camilan.

Hal ini menjadi semakin penting jika mudik dilakukan bersama dengan anak-anak. Pastikan untuk membawa camilan dan makanan cadangan ini, terutama jika terpaksa harus membatalkan puasa karena situasi mudik yang berat.

Istirahat yang Cukup

Sebelum melakukan perjalanan mudik, sangat disarankan untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap bugar selama perjalanan dan setelah tiba di tujuan.

Cara menjaga kesehatan tersebut adalah dengan tidur dan makan yang cukup, sehingga tubuh memiliki energi yang cukup untuk menghadapi perjalanan jauh dan situasi mudik yang mungkin melelahkan.

Sumber: Antara

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles