spot_img

Ratusan Relawan Bersihkan Sungai Dimoro

KARANGANYAR – Ratusan Relawan membersihkan Sungai Dimoro yang membelah wilayah Kecamatan Karangpandan, Ahad (21/1) sore. Kegiatan tersebut diikuti tebar bibit ikan.

“Ada sekitar 250-an sukarelawan dari rekan-rekan rendan (Relawan Karangpandan), relawan Soloraya, BPBD Karanganyar, Koramil, Polsek dan warga masyarakat sekitar. Dimulai dengan membersihkan sampah di aliran Sungai Dimoro, kemudian mencabut rerumputan di dinding tanggul sungai serta melepaskan bibit ikan,” kata Koordinator Kegiatan Bersih Sungai, Itok kepada wartawan di lokasi.

Dikatakan Itok, musim hujan belum berhenti. Sungai itu penting dalam mencegah banjir. Jika terhambat sampah, maka fungsinya akan berkurang. Maka dari itu kami juga mengedukasi masyarakat agar peduli lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan ke sungai dan rutin membersihkannya dari tanaman penghambat. Sungai yang bersih dari limbah juga membuat nyaman ikan hidup di dalamnya.

Seperti dilansir KRJogja, aksi massal tersebut sengaja dihelat bertepatan HUT Rendan ke-2. Rendan merupakan wadah komunitas Sukarelawan dari wilayah Karangpandan yang biasanya bergelut dengan mitigasi dan evakuasi bencana alam.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles