Satu-satunya dari Indonesia, Makassar Masuk Daftar Kota Terbahagia di Dunia

0
116
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/LaraBelova)

MAKASSAR – Kota Makassar kembali meraih prestasi dengan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam kategori Kota Terbahagia di dunia menurut Happy City Index.

“Satu-satunya dari Indonesia ialah Makassar. Lebih bagus dari beberapa kota di dunia,” kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan, di Makassar, Rabu (19/6/2024)

Happy City Index menempatkan Makassar di peringkat ke-234 dari 250 kota di seluruh dunia sebagai Kota Terbahagia. Pomanto mengungkapkan rasa syukurnya karena Makassar telah meraih tiga kategori internasional.

Pertama, City Index di posisi ke-157 di dunia; kedua, Smart City Index di posisi ke-115 di dunia; dan ketiga, Happiness Index yang menjadikan Makassar sebagai salah satu dari 250 kota terbahagia di dunia dari 10 ribu kota yang dinilai.

Menurut Danny, predikat ini sekaligus membantah pandangan negatif tentang Makassar sebagai kota yang sering terjadi demonstrasi dan pandangan lainnya yang tidak terbukti.

Selain itu, predikat ini juga menguatkan survei bahwa Happiness Index Kota Makassar mencapai 82,9 persen. “Artinya ini terbukti secara global,” ucapnya.

Indeks Kota Terbahagia ini dihitung berdasarkan beberapa indikator, seperti City dengan skor 207,1, Government 225,8, Economy 322,9, Environment 230,6, dan Mobility 244,3. Dari semua penilaian tersebut, kota yang dijuluki Anging Mammiri ini memperoleh skor total 1230,7.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here