spot_img

Ukraina dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata untuk Buka Enam Akses Evakuasi Warga Sipil

UKRAINA – Ukraina dan Rusia sepakat melakukan gencatan senjata pada Rabu (9/3) pukul 09.00 pagi sampai 21.00 waktu setempat.

Deputi Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk  mengatakan kesepakatan gencatan senjata juga dibarengi dengan dibukanya enam koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil.

Enam koridor tersebut diantaranya,  Energodar – Zaporizhia, Sumy – Poltava,  Mariupol – Zaporizhia, Volnovakha – Pokrovsk, Raisins – Lozova dan  Kyiv (Stoyanka – Belhorodka).

“Pada pukul 6.30 pagi, kami mendapat pesan dari Federasi Rusia yang menerima tawaran kami, yang juga merupakan ajuan dari Komite Internasional Palang Merah,” kata Vereshchuk dikutip dari Kantor Berita Ukrinform, Rabu (9/3).

Ia menyampaikan, pemerintah Ukraina juga sudah mengirim surat kepada Palang Merah Internasional pada pukul 09.00 waktu setempat tentang pemberitahuan bahwa ada gencatan senjata selama 12 jam hari ini.

Selama kontak senjata berhenti, enam rute akan dibuka agar para warga bisa dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Dia berharap gencatan senjata akan disepakati dengan sebenar-benanrnya, “Saya meminta Federasi Rusia untuk berkomitmen gencatan senjata dari pukul 9.00 pagi pada 9 Maret 2022. Kami sudah merasakan pengalaman buruk ketika komitmen ini tidak berjalan dengan baik sebelumnya,” ujar Vereshchuk.

Ia menekankan militer Rusia untuk tidak menyerang warga sipil apapun dan meminta mereka meletakan senjata hingga pukul 21.00 malam.

“Akan ada operasi khusus yang bakal mengevakuasi 55 anak yatim piatu dan staf. Kami sudah meminta militer Rusia untuk mematuhi komitmennya,” kata dia.

 

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles