Anak Indonesia Menangkan Kompetisi Internasional Melukis Lingkungan Hidup

Salya Richita Susanto, Menang Melukis Lingkungan Hidup Internasional. foto: Sindopos

JAKARTA – Situs resmi Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Kamis (28/4/2016) melansir seorang anak Indonesia bernama Salya Richita Susanto menjuarai kompetisi internasional melukis lingkungan hidup bertema energi terbarukan.

Kantor Berita Antara melaporkan, Salya Richita Susanto sempat menyatakan kebahagiaannya saat menerima hadiah dan sertifikat penghargaan dari Deputi Direktur Eksekutif Badan PBB untuk lingkungan hidup (UNEP), Ibrahim Thiaw pada Senin (25/4/2016) di Kantor PBB di Nairobi.

“Saya bahagia sekali bisa menjuarai kompetisi melukis internasional ini,” katanya.

Sedangkan Ibrahim Thiaw pun berkomentar mengenai kompetisi ini, “Melalui kompetisi ini, para peserta mengirimkan pesan kepada seluruh dunia untuk bersama-sama menyelamatkan planet bumi,” ujarnya.

Dia menilai bahwa penanaman kesadaran tentang pelestarian lingkungan hidup sejak usia dini, terutama tentang penggunaan energi terbarukan, sangat penting untuk dilakukan mengingat perkiraan bahwa lebih dari setengah penduduk bumi adalah kaum muda berusia di bawah 25 tahun.

Kompetisi melukis dengan tema energi terbarukan tersebut merupakan lomba melukis internasional ke-24 yang diselenggarakan oleh UNEP (United Nations Environment Programme), dan diikuti oleh sekitar 63.000 anak-anak dari 66 negara.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1991, tercatat sekitar tiga juta anak-anak dari berbagai belahan dunia pernah berpartisipasi sebagai peserta dengan mengirimkan lukisan hasil karyanya ke UNEP.