spot_img

DBD dan Flu Singapura di Tengah Arus Mudik

PENULARAN  penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) atau Flu Singapura dan Demam Berdarah Dengue (DBD) perlu diwaspadai di tengah kerumunan dan tinggiya moblitas warga saat liburan panjang Idul Fitri 1445 H.

HFMD di seluruh wilayah sampai pekan ke-13 pada 2024 menurut catatan Kemenkes sudah mencapai 6.500 kasus, sebagian besar dilaporkang menyerang anak-anak di P. Jawa, yang terbanyak di Jawa Barat (2.119), Banten (1.171), DI Yogyakarta (516) dan Jawa Tengah 464 kasus.

Kasus-kasus penyakit Flu Singapura ditemukan di wilayah-wilayah destinasi mudik berasal dari para pemudik di tengah perjalanan dan libur Panjang selama mudik.

Selain menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, warga juga diminta emnerapkan etika batuk dan bersih serta menghindari kontak langsung dengan orang yang terpapar.

Sementara peningkatan kasus-kasus infeksi DBD di wilayah Jabodetabek, Bogoir, Puncak dan Cianjur juga makin marak akhir-akhir  ini.

Sementara Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia Moh Adib Khunaidi , kewaspadaan terhadap penularan penyakit juga harus dilakukan slama libur lebaran 2024 karena waktunya bersamaan dengan tibanya musim pancaroba.

Peubahan mendadak darai panas terik ke hujan atau sebalikya dapat membahayakan kesehatan terutama kelompok anak-anak usia lansia dan ibu-ibu hamil.

Sejumlah persiapan perlu dilakuan oleh warga agar risiko penularan penyakit bisa diminimalisir mulai dari menjaga kbersihan, menjaga kebutuhan tidur yang cukup, berhati-hati di tengah kerumunan dan memeriksa kesehatan secara rutin.

Minum air putih paling tidak delapan gelas seharu dan tidur minimal 6 sampai  8 jam dalam kondisi sehat sementara istirahat yang cukup penting untuk menjaga fungsi ketahanan tabuh.

Sementara warga yang mengidap  penyakit kronik seperti diabetes, hipertensi atau penyakit lain diharapkan memantau kondisi keehatannya secara rutin, termasuk pemeriksaan gula darah, kolesterol dan tekanan darah guna memastikan kondisi tubuh tetap terkontrol.

Waspada  dan waspada!

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles