Banjir Bandang Mengalir Deras di Pengalengan

0
192
Ilustrasi

BANDUNG – Banjir bandang yang mengalir deras melanda pemukiman warga di Kampung Rancamanyar, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Jumat (25/11/2016).

Banjir disebabkan hujan deras serta pendangkalan Sungai Cisangkuy. “Hujan deras sering turun, baru pekan ini banjir bandang terjadi kembali,” ujar Camat Pangalengan Yayan Suheryan, dikutip dari Republika.co.id.

Diungkapkannya, banjir mengalir dengan deras ke permukiman warga, “Sekitar satu jam, banjir bandang mengalir deras. Rumah terendam, saat surut banyak lumpur,”katanya. Banjir yang melanda pun tingginya sekitar satu meter.

Menurutnya, terakhir kali banjir bandang terjadi di wilayahnya pada 2014. Akibat banjir, empat RW terkena banjir bandang di Kampung Rancamanyar yaitu RW 9, 10, 12, dan 13. Ia menuturkan, saat kejadian rumah-rumah warga terendam banjir dan lumpur yang berasal dari kawasan perkebunan dan pertanian di sekitar sungai.

Yayan mengatakan pemicu banjir bandang di wilayahnya karena pola tanam yang tidak sesuai dengan kondisi lingkungan serta kegiatan perkebunan di kawasan PTPN.

“Setiap hujan, kawasan ini mengirimkan lumpur ke Sungai Cisangkuy. Sehingga sungai jadi dangkal dan tidak dapat menampung air semuanya saat hujan deras turun. Air meluap ke perkampungan warga,” katanya.

 

Advertisement div class="td-visible-desktop">