spot_img

Banjir Landa Kapuas Hulu, Jalan Nasional ke Perbatasan RI-Malaysia Terendam

KAPUAS HULU – Banjir melanda wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), merendam akses jalan nasional pada dua titik menuju perbatasan Indonesia-Malaysia. Daerah yang terdampak paling signifikan adalah Desa Labian Iraang, Kecamatan Batang Lupar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Yanto Susanto, menyampaikan bahwa banjir juga terjadi di Lauk Rugun, Kecamatan Embaloh Hulu, dan di Labian Iraang, Kecamatan Batang Lupar.

“Belum ada laporan resmi ke kami, tapi informasi yang kami terima banjir terjadi di Lauk Rugun, Kecamatan Embaloh Hulu, dan di Labian Iraang, Kecamatan Batang Lupar,” kata Yanto di Putussibau Kapuas Hulu, Senin (19/2/2024).

Dia menambahkan, beberapa desa di Kecamatan Pengkadan dan Kecamatan Boyan Tanjung juga dilaporkan mengalami banjir.

“Pihak desa dan kecamatan belum ada laporan resmi kepada kami, terutama terkait kondisi dan dampak banjir. Tapi kami terus monitor,” ucapnya.

Yanto berharap kepala desa dan camat segera menyampaikan laporan ke BPBD untuk mengetahui kondisi perkembangan bencana alam tersebut.

“Laporan dari desa dan kecamatan itu nantinya sebagai dasar untuk mengambil langkah dan disampaikan kepada pimpinan. Jadi sangat penting data dari desa dan camat,” kata Yanto.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terkait bencana alam, karena intensitas curah hujan beberapa hari terakhir cukup tinggi, yang mengakibatkan sejumlah sungai meluap.

Camat Batang Lupar, Aleksius Bulin, menyatakan bahwa banjir masih menggenangi ruas jalan nasional dan beberapa permukiman penduduk.

“Banjir masih, tapi untuk data menunggu kepala desa,” katanya.

Plt Camat Embaloh Hulu, Silvesterrommy, melaporkan bahwa banjir di Lauk Rugun merendam akses jalan nasional sejak pagi hingga siang, tetapi kondisinya sudah mulai surut dan dapat dilalui.

“Untuk saat ini sudah berangsur surut dan sudah bisa dilalui,” katanya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles