spot_img

BPBD: Kelapa Gading Diguyur Hujan dengan Curah Ekstrem Tertinggi

JAKARTA – Banjir merendam sejumlah wilayah di Jakarta, dan banjir di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Michael Sitanggang mengatakan, banjir secara keseluruhan di DKI Jakarta secara umum adalah karena hujan lebat hingga ekstrem.  Ditambahkannya, curah hujan di kawasan Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur bagian utara tercatat sangat lebat hingga ekstrem,

Di kawasan Kelapa Gading sendiri, Michael menyebut bahwa kategori curah hujan yang turun pada pagi sekitar pukul 07.00 WIB tadi sudah masuk dalam kategori ekstrem.

“Tertinggi (curah hujan) ada di Kelapa Gading mencapai 157,4mm/hari,” ungkapnya.

Diketahui, berdasarkan keterangan BMKG, kategori curah hujan disebut ringan apabila mencapai 0,5-20 mm/hari. Sedangkan curah hujan sedang mencapai 20-50 mm/hari, curah hujan lebat 50-10 mm/hari, curah hujan lebat mencapai 100-150 mm/hari, dan curah hujan ekstrem mencapai lebih dari 150 mm/hari.

Diberitakan sebelumnya BPBD mencatat terdapat 38 ruas jalan tergenang dan 8 RT atau 0.026% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta.

spot_img
SourceJawapos

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles