spot_img

Bromo Bergemuruh, Masyarakat Dilarang Mendekat

PROBOLINGGO – Rabu (1/6/2016), aktivitas vulkanik Gunung Bromo kembali meningkat dengan ditandai suara gemuruh yang terdengar dari kawah, dan sinar api serta lontaran lava pijar yang terlihat dari gunung api ini.

Seperti dilansir dari Tribunnews, BMKG Juanda melaporkan kondisi terkini Bromo, Rabu (1/6/2016) merilis suara gemuruh itu juga dibarengi suara dentuman. Selain itu terlihat lontaran lava pijar dengan ketinggian berkisar 50-200 meter dari puncak kawah.

Sementara itu aliran lava meleleh dari gunung api yang kini berstatus waspada itu hingga radius berkisar 10-100 meter dari bibir kawah.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Bambang Setiajid mengimbau masyarakat untuk tidak mendekatinya, “Masyarakat, pengunjung, pendaki, dilarang mendekati kawah dengan radius 1 kilometer,” ujarnya.

Saat ini, cuaca di puncak Bromo cerah-mendung. Angin berembus tenang, suhu 11-17°C. Hujan gerimis-sedang (4 mm).

Sedangkan asap kawah teramati putih kelabu kecoklatan dalam skala tipis hingga tebal. Tekanan kuat dengn ketinggian asap berkisar 600-1000 meter dari puncak kawah. Asap ini bergerak ke arah barat laut hingga timur laut. Terrjadi hujan abu dengan intensitas sedang di Pos Pantauan PGA Bromo.

Sementara pantauan seismik, terjadi gempa tremor dan embusan berkali-kali. Sempat terjadi empat kali gempa letusan.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles