spot_img

Makin bertambah, negara pendukung Palestina

LAGI, Slovenia menyusul negara-negara Eopa lain mengakui   Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat di wilayah Gaza dan Tepi Barat setelah dilakukan pemungutan suara melalui parlemen.

“Kami siap berkontribusi untuk mencari solusi perdamaian sehinga tidak ada lagi korban tewas sia-sia, “ ujar PM Slovenia Robert Glob dari Kbrn, Maribor, Slovenia, seperti diwartakan Kantor Berita Turki, Anadolu, Jumat (7/6).

Pengakuan terhadap Palestina diberikan setelah pemerintah mendukung mosi di parlemen yang lalu melakukan pemungutan suara (4/6) di mana  mayoritas anggota parlemen (52 dari 90)  mendukung, sisanya abstain, tidak satu pun menentang. Sebelumnya, tiga negara Eropa yakni Spanyol, Irlandia dan Norwegia juga menyatakan pengakuan mereka atas  kedaulatan Palestina pada 26 Mei lalu.

Menlu RI Retno Marsudi menilai, pengakuan terhadap Palestina merupakan tonggak penting  dalam upaya mewujudkan solusi dua negara (two states solution) terkait isu Palestina.

“Ini merupakan kebangkitan kesadaran kolektif kita (antarbagsa-red) dan langakah penting menuju solusi dua negara, “ ujarnya.

Kemlu RI dalam pernyataannya juga menekankan pentingnya upaya bersama dalam mencapai solusi yang adil dan damai bagi konflik Israel – Palestina.

Dengan tambahan Norwegia, Irlandia, Spanyol dan Slovenia, sudah 147 dari 193 negara anggota PBB yang mendukung kedaulatan Palestina termasuk RI, sembilan menolak (AS, Argentina, Ceko, Hongaria, Israel, Mikronesia, Nauru, Papua dan Palau serta 25 negara lainya abstain.

Sementara di Rafah, Palestina bombardemen dan seranga darat pasuka Israel terus menelan korban di tengah seruan internasional untuk menghentikan  pertempuran melalui gencatan senjata permanen.

Lebih 36.000 warga Palestina termasuk milisi Hamas tewas, 78.000 luka-luka dan belasan ribu hilang akibat balas dendam melalui bombardemen udara dan darat oleh pasukan Israel sejak 8 Oktober 2023 sebagai aksi balas dendam penyusupan dan penyanderaan oleh Hamas sehari sebelumnya (7 Okt) menewaskan 1.200 warga Israel dan membawa 240-an sandera.

Stop perang yang cuma menciptakan kebinasaan dan kerusakan.

 

 

 

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles