spot_img

Erdogan Serukan Muslim Dunia Lindungi Al Aqsha

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak umat Islam untuk memainkan peran mereka untuk melindungi Masjid Al-Aqsha di Yerusalem.

Kemarahan telah menyebar di Tepi Barat sejak pekan lalu ketika Israel menutup Masjid Al-Aqsha, yang dihormati oleh umat Islam dan Yahudi – yang menyebut situs Temple Mount – menyusul baku tembak mematikan.

Masjid tersebut dibuka kembali setelah dua hari, dengan Israel memasang detektor logam dan kamera di gerbangnya. Hal ini memicu ketegangan baru di Al Aqsha.

Tiga warga Palestina tewas pada hari Jumat dalam demonstrasi menentang tindakan Israel di sekitar tempat suci tersebut. Tiga orang Israel juga tewas dalam serangan di sebuah pemukiman di Tepi Barat.

Menghadapi pertemuan kelompok parlementer Keadilan dan Pembangunan (AK) di Ankara pada hari Selasa, Erdogan mengatakan: “Ketika tentara Israel secara sembarangan mencemari lantai Al-Aqsha dengan sepatu tempur mereka hanya dengan menggunakan isu-isu sederhana sebagai dalih dan kemudian dengan mudah menumpahkan darah di sana, Alasan [mereka mampu melakukan itu] apakah kita [Muslim] tidak berbuat banyak untuk mempertaruhkan klaim kita atas Yerusalem. ”

Erdogan mengatakan, perlindungan terhadap situs suci umat Islam bukanlah masalah, tapi ini bukan hanya sekedar melindungi tapi masalah iman.

“Mereka yang bisa mengunjungi Al-Aqsha, datanglah. Dan bagi mereka yang tidak dapat mengunjungi Al-Aqsa harus mengirim bantuan ke saudara-saudara kita di sana.”

Kabinet keamanan Israel memutuskan Senin malam untuk melepas detektor logam tersebut. Namun pertemuan tersebut juga mengeluarkan keputusan yang menganggarkan 100 juta syikal Israel yang akan dialokasikan untuk sistem pengawasan baru dengan menggunakan “pemeriksaan cerdas” berdasarkan teknologi maju.

Seperti disitat dari Anadolu, Erdogan menyampaikan seruannya dengan melakukan kunjungan dua hari ke Arab Saudi, Kuwait dan Qatar.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles