spot_img

Gempa Susulan Masih Guncang Bengkulu Pasca Gempa Magnitudo 6,7

BENGKULU – Gempa susulan masih terjadi pascagempa kembar (Doublet) yang mengguncang Bengkulu pada Rabu (19/8/2020) dengan magnitudo 6,6 dan 6,7.

Berdasarkan data dari BMKG, hingga kini sudah 24 kali gempa susulan mengguncang provinsi tersebut.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Senin (24/8/2020), megatakan empa susulan terkini bermagnitudo 5,2 terjadi pada Senin (24/8/2020) pukul 17.24 WIB di wilayah Barat Kota Bengkulu.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,03 LS dan 100,97 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 144 km arah Barat Kota Bengkulu, pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas zona subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Guncangan gempa tersebut dirasakan di daerah Bengkulu pada skala I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles