spot_img

Hujan Perdana, Banyuwangi Dilanda Banjir dan Longsor

BANYUWANGI – Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Banyuwangi,  Minggu (25/11/2018) kemarin, dan dampaknya sejumlah wilayah dilanda banjir dan longsor.

Pertama, dampak banjir terjadi di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh. Luapan air sungai memasuki rumah penduduk akibat volume air yang meningkat dan  air kiriman dari hulu Sungai Badeng di kaki Gunung Raung, Kecamatan Songgon.

Puluhan rumah terendam, warga di lokasi tersebut mengungsi. Lalu lintas dari Banyuwangi dan sebaliknya tertutup. Begitu juga akses menuju Jember-Banyuwangi dan sebaliknya.

Kedua, bencana banjir terjadi di Kecamatan Rogojampi. Lagi-lagi hulu sungai menjadi penyebabnya. Ketinggian air akibat hujan serta terpaan air dari hulu mengakibatkan banjir. Puluhan rumah di dua desa, yakni Desa Bubuk dan Gladag terendam. Banjir juga memutus lalu lintas di daerah itu.

Ketiga, bencana juga melanda wilayah Kecamatan Licin yang berada di daerah barat Kota Banyuwangi. Sejumlah titik di kaki Gunung Ijen itu mengalami longsor.

Misalnya, di Desa Jelun. Tebing tergerus aliran air akibat hujan deras meluber ke jalan. Akses menuju wisata Kawah Ijen tertutup untuk kendaraan roda 4.

“Dampak banjir Sungai Cawan yang diguyur hujan kemarin mengakibatkan bahu jalan Cawan longsor. Masyarakat sedang kerja bakti membersihkan pasir yang meluap ke jalan korban 2 unit sepeda motor hanyut 1 unit sudah ditemukan di bantaran Sungai Cawan,” ujar Yoni di Pusdalops BPBD Banyuwangi, dikutip beritajatim, Senin (26/11/2018).

Sementara di Desa Segobang juga mengalami hal yang sama. Sebuah sekolahan dikabarkan mengalami rusak akibat longsor.

Tepatnya di MI Nahdatullab dinding sekolahan itu jebol diterjang lumpur. Aktivitas belajar terganggu. Guru bersama warga, pagi ini melakukan pembersihan.

Keempat, bencana melanda wilayah selatan Banyuwangi. Dua desa di Kecamatan Pesanggaran hingga pagi ini dikabarkan masih terendam banjir. Tepatnya, di Desa Sumberagung dan Desa Pesanggaran.

Di Dusun Ringinagung, petak 56 Desa Pesanggaran terlihat cukup parah. Ketinggian air banjir di daerah itu terpantau mencapai 1,5 meter.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles