spot_img

Indonesia Segera Bantu Korban Gempa Nepal

MALAYSIA – Presiden Joko Widodo memastikan Indonesia segera mengirim bantuan untuk korban gempa di Nepal. Selain bantuan Indonesia juga akan menyertakan Tim Search and Rescue (SAR) dan tim medis.

“Kita siap membantu, dan ini masih dalam proses, karena di sanapun bandara tidak bisa dimasuki,” ujar dia di Grand Hyatt Hotel Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (26/4) tengah malam.

Jokowi mengaku tengah mengecek rute mana yang akan diambil untuk menyalurkan bantuan tersebut. “Kita cek, apakah nanti akan lewat India atau langsung. Ini masih dalam proses, mungkin dalam tiga atau empat hari baru kita bisa masuk,” kata dia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, pihaknya telah melakukan koordinasi internal terkait penyaluran bantuan ini. “Besok akan ada pembahasan lebih detail apa yang akan kita bantu untuk Nepal,” kata dia.

Retno menuturkan, selain tim SAR dan medis, bantuan yang akan diberikan berupa kebutuhan pokok seperti makanan siap saji. “Jadi mungkin, mudah-mudahan, kalau siap dan semuanya lancar, bandara juga sudah bisa digunakan dalam hitungan tiga sampai empat hari, kita sudah bisa berangkat untuk membantu Nepal,” ujar dia.

Gempa bumi yang mengguncang wilayah ibu kota Nepal, Kathmandu, pada Sabtu (25/4) berkekuatan 7,9 skala richter, membuat bangunan-bangunan runtuh dan melukai juga merenggut nyawa.

Polisi Nepal mengatakan korban tewas mencapai 1.394 orang, 4.700 lainnya luka-luka. Lebih dari 630 korban yang tewas berada di lembah Kathmandu dan setidaknya 300 korban tewas merupakan penduduk ibukota Kathmandu.

Jumlah korban diperkirakan bertambah sementara para pekerja bantuan mempergunakan tangan untuk menggali reruntuhan rumah untuk mencari korban yang selamat.

Kemarin, sebuah gempa susulan kuat mengguncang India dan Nepal, menggetarkan bangunan di New Delhi, India, dan memicu longsoran salju di pegunungan Himalaya. Badan Survei Geologi Amerika Serikat mencatat gempa susulan itu berkekuatan 6,7 SR. – CNN/MEP

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles