spot_img

Jaga Stamina ketika Mudik saat Musim Pancaroba

JAKARTA – Kondisi cuaca yang sedang tidak menentu, kadang panas kadang hujan, atau dikenal musim pancaroba membuat banyak orang jatuh sakit.

Kondisi badan kurang sehat tentunya akan memperngaruhi perjalanan mudik yang sudah ada di depan mata, karena telah memasuki masa-masa terakhir Ramadan.

Cuaca panas yang terik saat siang hari dan mendung saat sore/malam, akan menyebabkan beberapa individu yang tiidak memiliki kondisi imun yang kuat, akan mengalami sakit.

Karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui tips mudik sehat saat cuaca tidak bersahabat. Hal ini dilakukan agar perjalanan mudik yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan bebas dari penyakit.

Berikut ini adalah beberapa tips mudik saat musim pancaroba yang dapat dilakukan saat akan melakukan mudik, diantaranya:

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan
  2. Mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat
  3. Isitirahat yang cukup saat berkendara, yaitu dengan melakukan peregangan ketika lelah dan pegal atau setidaknya setelah 4 jam berkendara
  4. Mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga stamina saat berkendara.
  5. Menggunakan masker agar terhindar dari polusi dan virus.
  6. Mengenakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak ketat

Mudik adalah momen yang banyak ditunggu oleh masyrakat, sehingga dengan melakukan beberapa tips mudik sehat saat musim pancaroba diatas, kita dapat terhindar dari berbagai kondisi yang tidak diinginkan, seperti terpapar penyakit maupun mengalami kecelakaan.

Jangan lupa juga menerapkan perilaku bersih saat diperjalanan maupun saat singgah di Rest Area. Tidak lupa untuk segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan/posko kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit selama dalam perjalanan.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles