spot_img

Jepang Siapkan Skenario Evakuasi 60.000 Warga dari KOrsel

JEPANG – Jepang sedang melakukan investigasi bagaimana cara mengevakuasi sekitar 60.000 warga dari Korea Selatan jika terjadi krisis yang memungkinkan dilakukannya penutupan bandara.
Jepang memikirkan hal tersebut termasuk mengevakuasi warganya dengan kapal militer yang akan  digunakan sebagai angkutan umum, sebagaimana dikutip Reuters dari sebuah surat kabar Jepang melaporkan pada hari Selasa (16/1/2018).

Pengejaran Korea Utara terhadap program militer dan nuklirnya yang bertentangan dengan Dewan Keamanan PBB dan sanksi lainnya meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea pada tahun 2017, yang hanya mereda dalam beberapa pekan terakhir.

Melihat skenario krisis yang menutup bandara Korea Selatan, pemerintah Jepang telah mulai melihat rencana evakuasi melalui kota pelabuhan selatan Busan, harian Yomiuri mengatakan dan mengutip beberapa sumber pemerintah.

Kapal militer Jepang dan AA akan membawa warga Jepang dan AS dari Busan ke pulau Tsushima Jepang, sekitar 50 km (30 mil) dari Busan, sebelum mengangkut mereka ke pulau utama Kyushu paling selatan satu atau lebih hari kemudian.

Pejabat pemerintah telah mengunjungi Tsushima untuk memeriksa hotel dan fasilitas penginapan potensial lainnya, serta merencanakan persediaan makanan dan air, tambah koran tersebut.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan pada sebuah konferensi pers pada hari Selasa bahwa pemerintah selalu mempertimbangkan berbagai skenario dan membuat rencana untuk keamanan warganya, namun menolak memberikan rincian, dengan alasan keamanan.

“Ini adalah tugas yang benar-benar alami sebagai sebuah negara untuk menggunakan segala cara yang ada untuk perlindungan dan evakuasi warga negara kita jika mereka menghadapi bahaya di luar negeri,” tambahnya.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles