spot_img

Komnas Perempuan: Perempuan Jakarta Banyak Alami Kekerasan Ketika Penggusuran

JAKARTA – Komisioner Komnas Perempuan Indraswari mengatakan jika kasus kekerasan terhadap perempuan di ranah negara paling banyak terjadi di DKI Jakarta.

Menurutnya, jumlah yang didapati Komnas Perempuan tercatat sebanyak 304 kasus dan seluruhnya terkait kasus penggusuran, misalnya di Cakung dan Cilincing.

Sementara di Jawa Tengah kasus kekerasan perempuan banyak terjadi terkait konflik sumber daya alam antara Perhutani dengan petani.

Adapun yang melakukan pengaduan  langsung ke Komnas Perempuan untuk ranah Negara dari seluruh wilayah di tanah air, ada 30 kasus dengan bentuk kekerasan yang bervariasi.

Diberitakan metrotvnews, Rabu (8/3/2017), Komnas Perempuan merinci, bentuk kekerasannya antara lain, penganiayaan perempuan oleh petugas Rumah Tahanan. Ada satu kasus soal itu terjadi di Jakarta. Kemudian, diskriminasi terhadap kelompok agama dan penghayat kepercayaan ada tiga kasus. Jumlah itu terbagi di Bangka dan Kepulauan Riau.

Satu kasus terkait perempuan dipidana sebagai kurir narkoba yang terjadi DKI. Ada juga satu aduan kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilacurkan pada penataan lokalisasi di Ibu Kota.

Kasus kekerasan perempuan dan konflik Sumber Daya Alam ada tiga kasus. Ketiganya terbagi di Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Satu kasus diskriminasi terhadap perempuan di bidang politik juga terjadi di Nusa Tenggara Timur. Ada juga dua kasus pelanggaran hak reproduksi pekerja di lembaga negara yang terjadi di Jakarta.

Sementara itu penutupan paksa tempat ibadah yang mengakibatkan kekerasan terhadap perempuan, terjadi di Jawa Barat, sebanyak satu kasus.

Kekerasan dalam bentuk publikasi identitas korban pelecehan seksual dalam website direktori putusan Mahkamah Agung ada dua kasus di Jawa Tengah.

Ada pula bentuk kekerasan terhadap perempuan dalam proses penangkapan dan penahanan oleh Polri dan TNI. Jumlahnya enam kasus, yang terbagi di Banten satu kasus, Jakarta tiga kasus, Sulawesi Tengag satu kasus, dan Jawa Tengah satu kasus.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles