Pahala Wakaf

Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA – Wakaf merupakan salah satu sedekah jariyah. Pahalanya terus mengalir selama harta wakaf tersebut masih berfungsi.

Jika harta wakaf hilang, bukan berarti pahalanya terputus. Bisa jadi, pahala langsung dari wakaf tersebut terputus, tetapi manfaatnya bisa mengalirkan pahala terus-menerus.

Sebagai ilustrasi, seseorang mewakafkan dananya untuk pembangunan masjid ataupun sekolah. Lalu, di masjid atau sekolah tersebut terdapat anak-anak yang belajar agama.

Amal anak-anak yang belajar itu akan terus mengalirkan pahala bagi orang yang mewakafkan tempat bagi mereka belajar.

Bisa jadi, masjidnya sudah tiada, namun orang yang belajar di masjid yang pernah diwakafkan itu akan terus beramal dan mengamalkan ilmunya.

Dengan demikian, insyaallah pahalanya terus mengalir. Semakin besar manfaat harta yang diwakafkan oleh seseorang, pahala yang akan mengalir juga kian besar.

Yang terpenting bagi kita adalah beramal sebanyak mungkin melalui berbagai pintu yang ada, dan memungkinkan bagi kita melakukannya.

Insyaallah, selama kita tulus, Allah tidak akan menyiakan amal kita. Dia sangat menyayangi hamba-Nya yang beramal saleh.

Dan, tidak sulit bagi-Nya untuk memberikan pahala yang Dia kehendaki. Wallahualam. (dompetdhuafa.org)