spot_img

Penjelasan Peneliti Astronomi Tentang Hubungan Fenomena Supermoon dengan Bencana

BANDUNG – Pegiat astronomi menanggapi fenomena Supermoon yang terjadi hari ini, 21 Januari 2019 dikaitkan dengan bencana yang berpotensi terjadi di Indonesia.

Peneliti Astronomi dan Astrofisika BMKG Rukman Nugraha mengatakan, para astrologer (bukan astronom) menyatakan bahwa saat terjadi Supermoon, maka akan terjadi bencana.

Contoh bencana yang banyak diberitakan adalah peristiwa bencana gempa bumi dan tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 pukul 07:58 WIB. Selain itu gempa bumi dan tsunami Jepang 11 Maret 2011 pukul 14:46 waktu setempat.

Pernyataan yang banyak beredar adalah gempa bumi dan tsunami Aceh terjadi 2 minggu sebelum Supermoon pada Januari 2005. Adapun gempa bumi dan tsunami Jepang terjadi 8 hari sebelum Supermoon 19 Maret 2011.

Berdasarkan periode anomalistik, bulan selama kurun waktu 27,55 hari akan melalui titik terdekat (perigee) dan terjauh (apogee) masing-masing sekali.

Dengan demikian, kata Rukman, saat gempabumi dan tsunami Aceh 26 Desember 2004 bulan tengah hampir di titik terjauhnya. “Jarak Bulan saat itu adalah 402.046 kilometer dari bumi,” ujarnya, dilansir tempo.co.

Sementara BMKG sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan dini mengenai gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia yang berhubungan dengan fenomena Supermoon. Warga diminta waspada untuk melakukan aktifitas di sepanjang pesisir pantai.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles