spot_img

Pesisir Jabar Waspada Gelombang Tinggi pada 15-17 Maret

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat pesisir Jawa Barat agar waspada terhadap potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan pada 15-17 Maret 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, menegaskan bahwa masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar wilayah yang berpeluang terjadi gelombang tinggi harus selalu waspada.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur laut-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur laut-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6-20 knot.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di beberapa wilayah seperti Selat Malaka bagian utara, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan selatan Pulau Sumba, dan lain-lain. Gelombang dengan kisaran lebih tinggi dari 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, Selat Sunda bagian barat-selatan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, masyarakat yang beraktivitas di perairan seperti nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, dan kapal kargo harus memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran saat kecepatan angin dan tinggi gelombang melebihi batas aman.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles