spot_img

PVBMG: Empat Gunung Api di Sulut Berstatus Waspada

MANADO – Empat gunung api di Sulawesi Utara diantaranya Gunung Lokon (Kota Tomohon), Soputan (Kabupaten Minahasa Tenggara/Minahasa Selatan), Gunung Karangetang (Kabupaten Kepulauan Sitaro) dan Gunung Awu (Kabupaten Kepulauan Sangihe) berstatus waspada level II.

Berdasarkan data PVMBG, keempat gunung api aktif ini sempat menunjukkan peningkatan aktivitas yang berujung dinaikkannya status dari waspada ke siaga level III.

Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Christian Laotongan, mengatakan, “Warga yang berada di sekitar gunung ataupun pengunjung hendaknya mematuhi rekomendasi pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi atau PVMBG agar tidak memasuki radius bahaya yang telah ditentukan,” katanya di Manado, Minggu (28/8/2016).

Masyarakat diimbau tidak memasuki radius bahaya sejauh 1,5 kilometer dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon yang statusnya paling terakhir diturunkan dari siaga ke waspada.

Untuk warga sekitar Gunung Karangetang, tidak diperbolehkan beraktivitas dan melakukan pendakian sejauh 1,5 kilometer dari kawah dan perluasan ke sektor selatan tenggara, barat dan barat daya sejauh 2,5 kilometer.

Begitupun dengan Gunung Soputan, PVMBG mensterilkan radius sejauh 1,5 kilometer dari puncak dan wilayah sektor barat dan barat daya sejauh 2,5 kilometer dari aktivitas warga dan pengunjung.

Di Gunung Awu, masyarakat, pengunjung atau pendaki diharapkan tidak mendekati dan beraktivitas di radius 3,0 kilometer dari puncak kawah. “Rekomendasi-rekomendasi ini penting dilakukan agar warga masyarakat, pengunjung dan pendaki terhindar dari bahaya manakala terjadi letusan tiba-tiba,” katanya.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles