Ratusan Ribu Pengungsi Nepal Minta Kembali

0
98

NEPAL – Ratusan ribu orang pengungsi yang tinggal di sekitar lembah-lembah pegunungan Nepal berharap untuk kembali ke desa mereka. Mereka mengungsi karena longsor disebabkan gempa Sabtu (25/4/2015) telah mengubur pemukiman dan sebagian anggota keluarga mereka.

“Beberapa retakan besar ditemui di beberapa bukit sehingga banyak orang tidak bisa menyeberang ke desa mereka,” kata petani Karma Singh Tamang, menunjuk longsor besar yang menyapu pemukiman Desa Haku, kabupaten Rasuwa. “Jika orang jatuh ke retakan, tubuhnya akan hilang jauh ke bawah, kita bahkan tidak bisa memikirkan mereka akan kembali dari sana.”

Seperti dikutip KBK dari BBC, para ilmuwan telah mencatat lebih dari 3.000 tanah longsor yang disebabkan oleh gempa bumi  Nepal dan memperingatkan bahwa musim hujan bisa menyebabkan lebih banyak tanah longsor. Seperti Bencana longsor besar di distrik Taplejung disebabkan oleh hujan awal pekan lalu dan menewaskan hampir 40 nyawa.

Ahli geologi mengatakan dampak dari hujan di pegunungan akan membahayakan karena akan menggerus tanah yang retak karena gempa, bisa menyebabkan longsor yang berisiko.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here