spot_img

Rezim Suriah dan Rusia Bantah Lakukan Serangan Kimia di Aleppo

SURIAH – Rezim Bashar al-Assad dan sekutunya Rusia mengklaim bahwa kelompok bersenjata anti-rezim yang melakukan serangan kimia dari Idlib ke Aleppo.

SANA, kantor berita resmi Suriah, mengumumkan bahwa kelompok Hayat Tahrir al-Sham meluncurkan serangan kimia di daerah al-Khalidiya Aleppo yang berada di bawah kendali rezim, menegaskan bahwa lebih dari seratus warga sipil terkena dampaknya.

Pernyataan awal juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia pada Minggu (25/11/2018)  mengklaim bahwa serangan kimia itu menargetkan daerah barat laut Aleppo, dengan mortir yang ditembakkan dari zona eskalasi es Idlib Sabtu malam.

Dilansir Anadolu, Kementerian juga menuduh Pertahanan Sipil, juga dikenal sebagai White Helmet terlibat  dalam serangan.

Rezim Assad dan Rusia, sejak akhir Agustus tahun ini, telah mengklaim bahwa pasukan oposisi atau kelompok-kelompok rezim anti-bersenjata bersiap-siap untuk serangan kimia.

Di sisi lain, oposisi dan Pertahanan Sipil sebelumnya telah mengumumkan bahwa rezim dan Rusia memiliki agenda rahasia meluncurkan kampanye menuju zona eskalasi es idlib dan memutuskan gencatan senjata, sehingga mereka mempersiapkan skenario di mana oposisi akan dituduh penggunaan senjata kimia.

 

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles