spot_img

Seluruh Warga di Sekitar Gunung Ruang Sudah Dievakuasi

SITARO – Basarnas mengatakan seluruh masyarakat dari sekitar Gunung Ruang sudah dievakuasi semua dan berdasarkan catatan ada sebanyak 5.687 warga.

Mereka telah dievakuasi keluar dari Pulau Tagulandang yang berdekatan dengan Pulau Ruang. “Masyarakat dari Gunung Ruang sudah dievakuasi semua. Nah data sementara ini berasal dari Posko Terpadu BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro,” kata Humas Kantor Basarnas Manado Nuriadin Gumelang.

Dia mengatakan lebih dari seribu warga yang dievakuasi ke Kota Manado, Kota Bitung, dan Pulau Siau, diangkut menggunakan sejumlah kapal yang merapat di Pelabuhan Tagulandang serta Pelabuhan Penyeberangan Minanga.

Data sementara pengungsi yang sudah dievakuasi keluar dari Pulau Tagulandang sejak 30 April-6 Mei Pukul 07.00 WITA menggunakan KN SAR Bima Sena sebanyak 203 orang dan KRI Kakap-811 sebanyak 1.058 orang.

Selanjutnya KN Bea Cukai sebanyak 401 orang, KM Glory Marry  sebanyak 935 orang, KM Barcelona III sebanyak 426 orang, KM Marina Bay sebanyak 250 orang, KM Yamdena Voy 8 sebanyak 170 orang, KMP Lohoraung sebanyak 1.245 orang), dan KMP. Lokongbanua sebanyak 999 orang.

Dia berharap masyarakat yang berada di Pulau Tagulandang tetap berhati-hati, waspada, dan tetap menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berita-berita hoaks atau informasi yang tidak bisa dipertangungjawabkan,” ucap Nuriadin Gumelang.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles