spot_img

Studi Ungkap Laki-Laki Lebih Berisiko Komplikasi Diabetes

JAKARTA – Penelitian menunjukkan bahwa pria memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi diabetes dibandingkan wanita, terlepas dari durasi diabetes tipe satu atau tipe dua yang mereka derita.

Menurut studi yang diterbitkan di Journal of Epidemiology & Community Health, komplikasi utama seperti penyakit kardiovaskular, komplikasi pada kaki dan ginjal, serta retinopati diabetik yang memengaruhi penglihatan lebih tinggi pada pria, baik mereka menderita diabetes selama lebih atau kurang dari sepuluh tahun.

Medical Daily melaporkan bahwa temuan ini berasal dari survei terhadap 267.357 orang dalam studi prospektif besar di Australia yang disebut The 45 and Up Study. Dari total peserta survei yang semuanya berusia di atas 45 tahun, sebanyak 25.713 orang menderita diabetes tipe satu atau tipe dua.

Masalah kesehatan yang diperhatikan dalam studi ini mencakup penyakit kardiovaskular (penyakit jantung iskemik, stroke, gagal jantung, dan kardiomiopati diabetik), masalah mata (katarak dan retinopati diabetik), masalah kaki (kerusakan saraf, neuropati perifer, luka, selulitis, peradangan tulang, sirkulasi darah buruk, dan amputasi), serta masalah ginjal (gagal ginjal akut, penyakit ginjal kronis, gagal ginjal kronis, dialisis, dan transplantasi ginjal).

Dari seluruh pasien diabetes dalam studi, sebanyak 58 persen mengalami diabetes selama kurang dari sepuluh tahun dan 42 persen lebih dari satu dekade. Analisis menunjukkan bahwa pria memiliki tingkat dan risiko komplikasi diabetes yang lebih tinggi.

Selama pemantauan rata-rata sepuluh tahun dan setelah mempertimbangkan usia, 44 persen pria mengalami komplikasi penyakit kardiovaskular dan 57 persen mengalami komplikasi mata. Komplikasi pada kaki dialami oleh 25 persen pria dan komplikasi ginjal oleh 35 persen pria.

Untuk wanita, komplikasi penyakit kardiovaskular terjadi pada 31 persen, komplikasi mata pada 61 persen, komplikasi kaki pada 18 persen, dan komplikasi ginjal pada 25 persen.

Secara keseluruhan, pria 51 persen lebih mungkin mengalami penyakit kardiovaskular, 47 persen lebih mungkin mengalami komplikasi kaki, dan 55 persen lebih mungkin mengalami komplikasi ginjal dibandingkan wanita.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles