spot_img

Sukabumi Dilanda Longsor dan Pergerakan Tanah, Akses Jalan Terputus

SUKABUMI – Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dilanda bencana tanah longsor dan pergerakan tanah akibat hujan deras sepanjang hari pada Selasa (23/1/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyatakan bahwa meskipun tidak ada korban jiwa atau luka, dampak bencana tersebut meliputi kerusakan rumah dan pemutusan akses jalan, menyebabkan kendaraan bermotor tidak dapat melaluinya.

“Dampak dari bencana tersebut selain merusak rumah juga sempat memutus akses jalan, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor,” kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, di Sukabumi, Selasa (23/1/2024).

Kejadian tanah longsor tercatat di Kampung Cigadog, Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara, yang menyebabkan jalan kabupaten terputus setelah Jembatan Cimandiri terbawa longsor.

Di Kampung Babakancigadog, longsor mengancam satu rumah warga. Bencana pergerakan tanah terjadi di Kampung Pasirbitung, Desa Sukajaya, Kecamatan Pabuaran, menyebabkan anjloknya jalan Kabupaten Sukabumi.

Kejadian serupa pernah terjadi di 2016 di Kampung Pasirbitung, di mana tanah retak dan amblas hingga ke permukiman warga. Selain itu, terdapat longsor di Kampung Halimun, Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara, dan temuan longsor kecil di Tanjakan Sidaweng, Kampung Lio.

Rumah di Kampung Cibuhung, Desa Mangunjaya, Kecamatan Bantargadung, mengalami kerusakan berat akibat tertimbun longsor tanah.

Longsor tebing di Kampung Cicareuh, Desa Tamansari, Kecamatan Cikidang, menyebabkan empat rumah terdampak, dan dua kepala keluarga dengan lima jiwa harus mengungsi karena rumah rusak.

Longsor juga terjadi di Kampung Pancalikan, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, menyebabkan TPT setinggi 4 meter longsor dan mengancam tiga unit rumah yang dihuni oleh 20 jiwa.

BPBD Kabupaten Sukabumi telah memberikan penanganan di lokasi terdampak, sementara bantuan darurat mulai diserahkan kepada para penyintas bencana.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles