spot_img

Tana Toraja Dilanda Longsor, 18 Orang Tewas Tertimbun

TANA TORAJA – Bencana longsor terjadi di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan  sebanyak 18 warga tewas akibat tertimbun longsor.

Kepala BPBD Sulsel Amson Pandolo mengatakan 18 warga yang ditemukan meninggal dunia berasal dari dua lokasi longsor yakni di Dusun Putu’, RT Bekak, Lembang Randan Batu, Kecamatan Makale Selatan dan RT Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja.

Saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap sejumlah korban yang dinyatakan hilang atau belum ditemukan setelah bencana longsor tersebut menimpa rumah warga.

“Ada dua orang yang dilaporkan mengalami luka-luka dan dua orang lagi masih dalam pencarian untuk wilayah Palangka. Kalau di Dusun Putu’ korban selamat ada dua orang,” sebutnya.

Bencana longsor tersebut terjadi pada Sabtu (13/4) sekitar pukul 22.30 WITA di RT Palangka dan pukul 23.00 WITA di Dusun Putu’. Saat itu Kabupaten Tana Toraja dilanda hujan deras. Sehingga menyebabkan terjadinya longsor yang menimbun rumah-rumah warga.

“Jadi penyebab longsor tersebut, karena hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi selama beberapa hari dan kondisi tanah yang tidak stabil yang membuat terjadinya longsor tadi malam,” ungkapnya.

Pada proses evakuasi dan pencarian korban terkendala dengan hujan intensitas sedang hingga lebat.

“Medan untuk evakuasi cukup terjal, longsor terjadi di beberapa titik sepanjang jalan yang mengakibatkan lokasi longsor ditempuh tim rescue dengan berjalan kaki. Saat ini, dibutuhkan segera alat berat untuk membuka akses jalan ambulans,” jelasnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles