spot_img

Tanggap Darurat Berakhir, Kabupaten Agam Tetapkan Masa Transisi Pemulihan Bencana

AGAM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menetapkan masa transisi dari darurat ke pemulihan pascabencana banjir lahar dingin Gunung Marapi pada 9 Juni sampai 31 Desember 2024 setelah tanggap darurat berakhir pada Sabtu (8/6).

Sekretaris Daerah Agam Edi Busti menjelaskan, masa transisi ini sangat krusial untuk memastikan bahwa segala aspek pemulihan berjalan dengan lancar dan efektif terutama pembangunan infrastruktur.

Ia mengatakan, seperti dilansir Antara, periode ini akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur dan mengembalikan kehidupan masyarakat ke kondisi normal.

Salah satu fokus utama dalam masa transisi ini adalah kelanjutan dari kegiatan normalisasi sungai.  “Normalisasi sungai merupakan langkah preventif yang sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia menyebut rencana pemasangan tiga sabo dam yang akan ditempatkan di daerah Batu Anguih, Batang Katiak dan Ampek Koto. Pemasangan sabo dam ini diharapkan dapat mengurangi risiko bencana banjir dan tanah longsor di masa mendatang.

Ditambahkannya, pemerintah daerah saat ini juga masih menunggu tindak lanjut dari Kementerian Pertanian untuk melakukan rekondisi lahan pertanian masyarakat yang terdampak.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles