Topan Soudelor Bergerak ke Tiongkok

0
97

TAIPEI – Badai topan mematikan Soudelor mulai memasuki kawasan Tiongkok setelah sebelumnya menenggelamkan pepohonan, lampu merah, dan mematikan listrik di Taiwan. Setidaknya empat orang tewas di Taiwan akibat Soudelor termasuk satu orang tenaga kerja Indonesia.

Secara keseluruhan 101 warga terluka akibat topan mematikan itu dan lebih dari tiga juta rumah kehilangan daya listrik. Selain itu sebanyak 279 penerbangan domestik dan 37 penerbangan internasional juga dibatalkan pada Sabtu (08/08/2015).

Kini topan Soudelor bergerak ke arah Laut Cina Selatan dan kekuatannya mulai mengecil dari yang sebelumnya berkuatan 237 kilomter perjam menjadi 144 kilometer perjam. Meski demikian angin kencang masih melanda Taiwan.

Otoritas Taiwan kemudian mengevakuasi warga Taoyuan yang berada di utara negara itu. Di kawasan itu sebanyak 10 rumah terkubur longsor. Topan itu juga menyebabkan 700.000 rumah tidak dialiri listrik dan menyebabkan banjir. Ribuan orang dari wilayah lain juga telah dievakuasi termasuk 2.000 wisatawan yang berlibur di resor Green Island dan Pulau Orchid.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here