spot_img

Ukraina Akui Negara Palestina

SHANGRI-LA – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Zelenskyy menegaskan bahwa Kiev akan melakukan segala cara untuk mengakhiri konflik di Jalur Gaza.

“Ukraina mengakui dua negara, Israel dan Palestina, dan akan melakukan segalanya untuk menghentikan Israel, untuk mengakhiri konflik serta penderitaan warga sipil ini,” kata Zelenskyy pada Dialog IISS Shangri-La di Singapura, kata Minggu (2/6/2024).

Palestina saat ini diakui oleh sembilan negara anggota Uni Eropa. Delapan negara, yaitu Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Hongaria, Malta, Polandia, Rumania, dan Slovakia, mengakui Palestina pada 1988 sebelum bergabung dengan Uni Eropa, dan Swedia mengakuinya pada 2014.

Secara keseluruhan, Palestina diakui sebagai negara berdaulat oleh 143 negara dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Majelis Umum PBB memutuskan pada 1947 untuk membagi Palestina yang dikuasai Inggris menjadi negara-negara Arab dan Yahudi, dengan Yerusalem ditempatkan di bawah rezim internasional khusus.

Pembagian tersebut direncanakan dilakukan pada Mei 1948, ketika mandat pemerintah Inggris berakhir, tetapi ternyata hanya negara Israel yang didirikan.

Palestina mencari pengakuan diplomatik atas negara merdeka mereka di wilayah Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, yang sebagian diduduki oleh Israel, serta Jalur Gaza.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles