spot_img

Via Digital Wapres Dorong Perolehan Zakat di Atas 24 Persen

JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan potensi zakat di Indonesia sangat besar yakni mencapai Rp230 triliun. Namun dari jumlah tersebut baru 3,5 persen atau sekitar Rp 8 triliun yang telah dikelola.

“Itu artinya masih sangat besar potensi zakat (di Indonesia) yang belum terkelola,” kata Ma’ruf saat membuka World Zakat Forum (WZF) 2019 di Crown Plaza Hotel, Bandung (5/11).

Berdasarkan laporan yang diterima, kata Ma’ruf, terjadi peningkatan pengumpulan zakat dalam lima tahun terakhir mencapai 24 persen. Tapi dia menilai kenaikan tersebut masih relatif kecil dibandingkan dengan potensi zakat yang ada.

“Berbagai upaya harus dilakukan. Misalnya meningkatkan kesadaran masyarakat wajib zakat (muzaki) dengan cara-cara yang lebih baik,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mendorong pemanfaatan teknologi berbasis digital untuk pengelolaan zakat. Hal itu menurutnya bisa meningkatkan kepercayaan dari para muzaki.

“Penggunaan informasi berbasis digital dalam pengelolaan zakat, sehingga menumbuhkan kepercayaan yang semakin tinggi dari muzaki,” katanya.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles