Volunesia Bootcamp 2022 Lahirkan Filantropreneur Muda

JAKARTA – Guna mencetak para pengusaha muda berjiwa filantropi, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) menggagas kegiatan Volunesia Bootcamp 2022 bagi para anggota DDV se-Indonesia.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak bulan Maret 2022 ini diisi dengan sebanyak 22 projek sosial di berbagai daerah dan tersaring 11 projek dari 9 provinsi di Indonesia.

Sebelas finalis tersebut saling beradu gagasan untuk menjadi yang terbaik di depan tim Dompet Dhuafa Pusat, pada Spekta Volunesia 2022, Sabtu (17/9/2022), di Gedung Philanthropy, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Volunesia merupakan gabungan dari kata volunteer dan amnesia. Artinya, Dompet Dhuafa mengingatkan kembali kepada para volunteer bahwa di samping mereka berupaya mengubah diri sendiri, sejatinya juga sedang mengubah dunia. Selama agenda berlangsung, para peserta diajak untuk belajar lebih banyak tata mengelola sebuah social project yang sustainable.

Beberapa di antaranya pengelolaan relawan, cara crowdfunding, menjalin relasi, hingga bagaimana menjadi inspirasi bagi gerakan kebaikan lainnya.

Senior Officer Community & Volunteerism DDV Maya Nuraini mengatakan, pada Spekta Volunesia 2022 yang berlangsung selama 3 hari (16-18 September 2022) ini, Dompet Dhuafa berharap dapat melahirkan para relawan-relawan muda dengan ide-ide maupun gagasan projek terbaik. Tentunya, projek juga harus bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Dengan memanfaatkan teknologi digital mereka telah berhasil menjalankan projek yang mereka gagas. Saat ini, waktunya mereka mempresentasikan projek mereka untuk bersaing menjadi yang terbaik. Kami harap upaya ini dapat membawa perubahan bagi sistem masyarakat yang saat ini masih ‘mandek’ bahkan kurangnya pendampingan di tengah masyarakat,” ujarnya, seperti dilansir dompetdhuafa.org.

Kepada para peserta, Maya mengatakan, meski Volunesia Bootcamp telah selesai, namun ia berharap para peserta terus mengembangkan projeknya masing-masing dan menjadi influencer bagi yang lain. Tagar #SatuHariSatuKebaikan menurutnya selaras dengan hadis Nabi yang berbunyi “Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat”.

Artinya DDV mengajak untuk selalu berbuat baik setiap hari, meskipun hanya satu kebaikan. Karena sesungguhnya manusia tidak pernah tau besar kecilnya kebaikan yang dilakukan.