spot_img

100 Hektar Sawah di Mokumoku Terendam Banjir Pasang Laut

MUKOMUKO – Air laut pasang yang mendadak naik pada Minggu (5/6/2016) pagi telah merendam 100 hektare sawah di Desa Pasar Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

“Ombak besar pagi hari ini membuat pasang air laut naik dan merendam seluas 100 hektare sawah. Namun tidak ada kerugian materi karena sawah yang terendam air laut itu sudah selesai panen,” kata Sekretaris Desa Pasar Ipuh, Muchtarudin, dikutip dari Antara.

Hanya saja ada seluas 15 hektare tanaman jagung yang sudah berumur sekitar tiga bulan di areal persawahan itu gagal panen karena terendam air laut.

Muchtarudin mengaku tidak menyangka kalau pasang air laut bisa naik sejauh ini dan menjangkau areal persawahan petani di wilayah itu. Padahal sepanjang pinggir pantai sudah dibangun pengamannya.

“Ombak di perairan laut pada pagi hari ini sangat besar sehingga bangunan pengaman pantai saja bisa dilangkahinya,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat membangun pengaman pantai salah satunya untuk mengamankan areal persawahan, pemukiman penduduk, dan tambatan perahu nelayan tradisional di wilayah tersebut.

Pengamanan tersebut dilakukan karena hampir setiap tahun sepanjang pinggir pantai di wilayah itu tergerus abrasi pantai. Sehingga jarak pantai dengan pemukiman penduduk semakin dekat.

Namun ia dan para petani tidak bisa berbuat banyak jika ini memang sudah kehendak alam, “Kami tidak berbuat banyak karena semua ini kehendak alam,” ujarnya lagi.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles