spot_img

7 Makanan Kesukaan Rasulullah Selama Ramadan, Berkhasiat Bikin Sehat

JAKARTA – Nabi Muhammad SAW memiliki makanan yang sangat disukai selama Ramadan. Makanan ini kaya akan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Penting bagi umat Islam meneladani beliau, termasuk dalam memilih makanan yang dikonsumsi Rasulullah SAW. Berikut tujuh makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW selama Ramadan yang dapat kamu nikmati.

1. Kurma

Rasanya yang manis, dapat menghilangkan bau mulut saat berbuka puasa. Rasulullah sangat menganjurkan berbuka dengan kurma dalam jumlah ganjil. Kandungan gizinya membuat badan lebih segar dan berenergi.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma yang tumbuh di antara bebatuan hitam (Madinah) pada pagi-pagi, maka ia tidak akan celaka oleh racun sampai petang.”

2. Anggur

Anggur jadi makanan kesukaan Rasulullah saat berbuka puasa karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C pada anggur dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Zaitun

Zaitun juga merupakan makanan kesukaan Rasulullah SAW yang cocok untuk jadi tambahan saat berbuka puasa. Buahnya dapat diubah ke dalam bentuk minyak sehingga membuat hidangan jadi lebih sehat.

Zaitun disebut di dalam Al-Qur’an surah An-Nur ayat 35:

“ … Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak sebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya. Yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis).”

4. Tin

Kamu pasti mengenal buah ini dari salah satu surah di Al-Quran, yakni At-Tiin. Buah ini dapat menjadi obat yang baik untuk penyakit perut dan asam urat. Buah yang kerap disebut ara ini juga mengandung vitamin yang dapat menguatkan tulang.

5. Melon

Buah segar kesukaan Rasulullah ini cocok sekali untuk buka puasa dan berbagi kepada sesama. Kandungan air yang tinggi dapat merawat kulit dan mencegah penuaan dini.

6. Madu

Madu cocok sekali untuk jadi vitamin karena khasiatnya menyehatkan dan menyembuhkan. Rasulullah suka minum madu dicampur segelas air.

Allah SWT berfirman dalam surah An-Nahl ayat 69:

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan.”

7. Delima

Buah surgawi ini rasanya manis. Delima kaya akan manfaat. Kandungan delima dapat dijadikan sebagai sumber vitamin, antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Delima juga mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan 3 kali lebih tinggi dibanding teh hijau.

Beberapa penelitian menyebutkan jika kandungan buah delima menunjukkan potensi efektif dalam mencegah kanker prostat, payudara, paru-paru, sampai usus besar.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles