spot_img

7 Manfaat Leci untuk Kesehatan, dari Pencernaan hingga Kulit

JAKARTA – Leci atau Lychee dengan nama Latinnya Litchi chinensis adalah buah tropis yang banyak dikonsumsi di Asia Tenggara. Buah ini berukuran kecil, berdaging, dengan kulit luar yang keras berwarna merah atau putih.

Leci digemari karena rasanya yang manis dengan aroma khas. Buah ini cocok menjadi camilan ideal karena kaya vitamin C, potasium, tembaga, magnesium, folat, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Dilansir dari Hindustan Times, Dr. Piyush Mishra, Dokter Umum & Petugas Imunisasi di Distrik Timur Laut, New Delhi, menjelaskan tujuh alasan mengapa mengonsumsi leci baik untuk kesehatan secara keseluruhan di musim panas dan aman dikonsumsi tanpa menambah berat badan.

1. Bantu Hidrasi

Leci memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk hidrasi. Selama bulan-bulan musim panas, tetap terhidrasi sangat penting, dan mengonsumsi leci dapat membantu mengisi kembali cairan, menjaga Anda tetap sejuk dan segar.

2. Kaya Vitamin C

Satu porsi leci menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan harian vitamin C. Antioksidan kuat ini penting untuk fungsi kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan pembentukan kolagen. Vitamin C juga membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Baik untuk Pencernaan

Leci mengandung banyak serat makanan, yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Konsumsi secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan memastikan kelancaran buang air besar, yang sangat penting ketika sistem pencernaan kita lebih rentan terhadap kelesuan dalam cuaca panas.

4. Penambah Energi

Leci adalah penambah energi alami karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, termasuk gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Gula ini memberikan pelepasan energi yang cepat, menjadikan leci sebagai camilan ideal untuk mengusir rasa lelah selama hari-hari yang panjang dan panas.

5. Antiinflamasi

Leci kaya akan polifenol dan antioksidan lain yang memiliki sifat antiinflamasi. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

6.  Baik untuk Diet

Bagi mereka yang memerhatikan berat badan, leci bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet. Buah ini rendah kalori dan lemak.

Kandungan seratnya membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan secara keseluruhan.

Satu porsi leci dalam jumlah sedang dapat memuaskan keinginan akan makanan manis tanpa berkontribusi pada penambahan berat badan.

7. Jaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang melimpah pada leci dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini melawan stres oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini, serta mendukung produksi kolagen, sehingga kulit tetap kencang dan awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat sekaligus menjaga berat badan yang sehat, disarankan mengonsumsi 10-12 leci per hari.

Waktu ideal menikmati leci adalah pagi hari. Mengonsumsi leci saat perut kosong dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Mengonsumsinya sebagai camilan di antara sarapan dan makan siang juga dapat menjaga tingkat energi dan mencegah ngemil yang tidak sehat.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles