Agar Tak Lemas Puasa di Masa Wabah Corona, Ini Tipsnya

Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA – Sebentar lagi Umat Islam menjalani puasa Ramadhan tahun 2020. Agar tubuh Anda tak lemas dari terbit fajar sampai saat berbuka, sebaiknya Anda memastikan asupan gizi makanan Anda. Apalagi selama menjalani puasa di saat wabah Covid-19 merebak ini,

Dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda mengatakan :

Khusus untuk asupan energi sebaiknya pilih makanan mengandung karbohidrat kompleks ketimbang yang sederhana.

“Tetap makanan bergizi seimbang, lalu makanan bertahan lama (agar) menimbulkan rasa lapar, karbohidrat pilih yang kompleks dibanding nasi putih bisa nasi merah, kentang, roti gandum,” kata dia dalam sebuah diskusi via daring belum lama ini.

2. Jangan lupakan asupan lauk pauk yang beragam dengan tidak melupakan sayuran, buah dan mikronurien semisal asam lemak omega tiga yang bisa didapatkan dari teri basah, ikan salmon, tuna, ikan sarden dan lele.

3. Penuhi Kebutuhan protein harian. Demi meningkatkan massa otot dan menjaga sistem kekebalan tubuh terutama di pandemi COVID-19.

“Penuhi kebutuhan protein harian, karena bisa meningkatkan sistem imun dan jaga massa otot. Paling gampang makan telur dan minum susu,” tutur dia.

4. Penuhi asupan cairan Anda saat berbuka dan sahur nanti agar tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa.

5. Tambahkan satu atau dua gelas dari anjuran umum sehari untuk mencoba dan menurunkan tingkat dehidrasi yang akan dihadapi tubuh selama puasa.

6. Jangan tergoda makan banyak, Anda harus mulai menahan diri. Kebanyakan makan akan membuat tubuh terbiasa makan dan menginginkan lebih.

7. Kurangi asupan kalori Anda sekarang dengan menukar makanan tinggi lemak dengan makanan berprotein tinggi.

Sumber : Antara