spot_img

Angin Kencang Terjang 12 Kuburan di Aceh, Beberapa Jenazah Terangkat Keluar

ACEH – Angin kencang dan hujan lebat menerjang 12 kuburan di kompleks permakaman umum di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawah, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, hingga terbongkar, bahkan beberapa jenazah dari kuburan yang rusak, terangkat dan keluar dari liang lahat.

Kuburan-kuburan terbongkar karena  satu pohon besar di tengah kompleks permakaman tumbang saat terjadi angin kencang dan hujan lebat. Pohon yang sudah tua dan berdiameter sekitar 1 meter, tercerabut sampai akar-akarnya.

Akibatnya, 12 makam yang berada di sekitar pohon tersebut ikut terangkat dan rusak. Bahkan ada beberapa jenazah dari kuburan yang terbongkar, ikut terbawa dan keluar dari liang lahat.

Peristiwa tersbeut terjadi pada Rabu (4/1/2017) kemarin, dan  puluhan relawan Tim Reaksi Cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat diturunkan ke lokasi kejadian untuk membersihkan sisa pohon yang tumbang. Dibantu warga sekitar, mereka segera menguburkan kembali jenazah yang berhamburan.

“Sebanyak 12 kuburan yang rusak segera dibenahi. Bersama warga kami memakamkan kembali sebanyak 6 jenazah yang ikut terangkat akar pohon,” kata Kismar, anggota Tim Reaksi Cepat BPBD Aceh Barat, dikutip dari Sindonews.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nagan Raya, angin kencang yang menyapu Kabupaten Aceh Barat pada Rabu (4/1/2017) pagi, kecepatannya sekitar 50 Km/Jam atau di atas ambang normal. Untuk itu, warga diimbau untuk lebih waspada terhadap cuaca buruk yang diprediksi masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles