spot_img

Antisipasi Kekeringan Pemkab Bogor Bangun Enam Cekungan

BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan membanguan enam cekungan penampung air dan satu waduk untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang melanda 18 kecamatan dan 59 desa di kabupaten ini.

“Demi membantu ketersediaan air untuk persawahan, Pemkab Bogor akan membuat enam cekungan penampung dan satu waduk di Cijurai, Kecamatan Tanjungsari,” Kata Bupati Bogor Nurhayanti di Cibinong, Rabu (29/09/2015).

Ia mengatakan akibat kekeringan tahun ini, 2.300 hektare sawah mengalami gagal panen dan 7.000 hektare terancam gagal panen.

“Untuk minghindari sawah-sawah petani kembali gagal panen, kami akan membuat waduk di Cijurai dan embung di daerah sentra pertanian, seperti Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Tanjungsari, Ciampea, dan Tanjungari,” kata Nurhayati.

Pemkab Bogor bersama Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, anggota DPR RI dari dari daerah pemilihan Bogor serta Gubernur Jawa Barat akan membantu pembuatan cekungan penampungan dan waduk agar disetujui pemerintah pusat.

“Kami akan rencanakan dulu rancangan embung dan waduk, lalu perkirakan berapa anggaran yang dibutuhkan dan lalu diusulkan ke pemerintah pusat melalui anggota DPR,” katanya.

Ia mengatakan walaupun Bogor mengalami gagal panen hasil pertanian, tetapi ketersedian padi untuk pangan di Kabupaten Bogor masih aman

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles