spot_img

Arab Kecam DK PBB karena Tidak Mampu Hasilkan Resolusi untuk Palestina

JAKARTA – Ketua Parlemen Arab Adel bin Abdulrahman Al-Asoumi mengecam Dewan Keamanan PBB karena tidak mampu menghasilkan resolusi yang memungkinkan Palestina menjadi anggota penuh PBB.

Dia menyalahkan Amerika Serikat atas penggunaan veto yang dianggapnya menghambat hak rakyat Palestina memiliki negara dan keanggotaan penuh di PBB.

Al-Asoumi menekankan perlunya mengakui Palestina secara internasional dan mengibarkan bendera Palestina di markas besar PBB, serta meminta masyarakat internasional untuk mengakhiri pendudukan brutal di wilayah Palestina.

Dia juga mendesak upaya mencapai solusi adil untuk masalah Palestina, termasuk pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai bagian darinya. Serta, mengulangi dukungannya terhadap hak-hak rakyat Palestina di forum regional dan internasional.

Pada Kamis (18/4/2024), Amerika Serikat menggunakan veto terhadap rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB, meskipun mendapat dukungan mayoritas 12 suara dari anggota lainnya, dengan dua negara abstain.

Untuk disahkan, resolusi Dewan Keamanan PBB memerlukan setidaknya sembilan suara setuju tanpa ada veto dari lima anggota tetapnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles