ASEAN Bentuk Lembaga Pendanaan untuk Pengungsi

0
96

KUALA LUMPU—Negara-negara ASEAN sepakat untuk mendirikan sebuah lembaga pendanaan non-profit (Trust Fund). Lembaga ini didirikan untuk membantu para pengungsi dan korban perdagangan manusia. Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri Malaysia, Dr. Ahmad Zahid Hamidi seperti dilansir NNN, Kamis (2/7/2015).

Dia mengatakan semua negara anggota ASEAN siap memberikan kontribusi berupa dana. “Saya menyarankan setiap negara untuk berkontribusi setidaknya USD 100 ribu (Rp1,3 milyar) tapi jumlah itu tidak disetujui oleh semua negara,” katanya.

Adapun Singapura telah menyampaikan komitmennya untuk menyumbang USD 200 ribu (Rp 2,6 milyar). Kesepakatan ini tercapai dalam pertemuan darurat tingkat tinggi menteri-menteri ASEAN terkait kejahatan transnasional dalam kaitannya dengan imigran gelap di wilayah ini.

Ahmad Zahid mengatakan, usulan itu dibuat menyusul masuknya pengungsi Rohingya dan imigran gelap, utamanya dari Bangladesh. Dia mengatakan, perwakilan negara-negara anggota ASEAN juga terkejut dengan tanggapan positif Myanmar terhadap isu Rohingya selama pertemuan tersebut.

“Saya kagum bahwa Myanmar telah positif dan menerima pandangan negara-negara lain dengan pikiran terbuka dan hati yang terbuka, dan Myanmar akan membantu Malaysia untuk memantau kegiatan perdagangan manusia,” katanya.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here